Membuat Read More Mudah Kok !

1.28.2009
Kebanyakan blogger sudah paham cara membuat read more tapi bagi newbie seperti saya siulbelum begitu paham.Mari sama-sama kita saksikan proses pembuatannya Membuat Read More Mudah Kok peace:

Langkah Pertama:
  • Login ke id Blogger anda.
  • Klik Menu Pengaturan.
  • Klik Menu Format.
  • Pada Layar paling bawah ada text area yang kosong:
  • Isi text area tersebut dengan kode berikut:

    <span class="fullpost">


    </span>

  • Klik Tombol Simpan Pengaturan.

Langkah Kedua:
  • Klik Menu Dashboard.
  • Klik Menu Tata Letak.
  • Klik Tab Edit HTML.
  • Klik Tulisan Download Template Lengkap.
  • Back up atau save dulu template tersebut.Dikarenakan bila terjadi kesalahan maka bisa diulang kembali.
  • Beri tanda Centang pada kotak yang disamping tulisan Expand Template Widget.
  • Tunggu proses loadingnya...
  • Silahkan anda cari kode berikut:

    <data:post.body/>

    atau

    <p><data:post.body/></p>


  • Hapus kode di atas ganti dengan kode di bawah ini:

    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <style>.fullpost{display:inline;}</style>
    <p><data:post.body/></p>
    <b:else/>
    <style>.fullpost{display:none;}</style>
    <p><data:post.body/>
    <a expr:href='data:post.url'><strong>Read More......</strong></a></p>
    </b:if>

  • pada tulisan yang berwarna merah Selengkapnya... bisa kamu ganti menjadi Lebih lengkap lagi dong...,Lanjutkan...,dan sebagainya.
  • Klik Tombol Simpan Template.
  • Selesaipenat

Cara Memposting artikel Menggunakan Read More:
  • Klik Menu Posting.
  • Klik Menu Edit HTML,maka secara otomatis tampak kode yang kita setting tadi:

    <span class="fullpost">


    </span>


  • Tuliskan artikel yang ingin tampak pada blog sebelum kode:

    <span class="fullpost">


  • Tulis Keseluruhan sisa artikel sisa artikel sesudah kode di atas tadi dan sebelum kode:

    </span>


  • Contoh Penulisannya:
    Recent Comments sangat diperlukan di tampilan blogmu karena widget ini gunanya untuk mengetahui pengunjung yang memberi komentar tempat anda.<span class="fullpost">Coba kita pikir nihfikir Misal Artikel kita udah 500 artikel...dan komentar anda 10.000 komentar..mungkin di salah satu artikel kita ada teman yang bertanya...gimana kita melihatnya apakah harus di periksa satu-satu artikel anda sebanyak 500 buah around...</span>
  • Klik Tombol Mempublikasikan Posting atau Terbitkan Entri
Bila anda mengikuti tutorial ini mengalami kegagalan..Jangan khwatir bila templatenya jadi aneh,upload kembali backup templatenya dan akan kembali seperti semula sebelum di edit.sengihnampakgigi

24 komentar:

  • goseon

    Search Engine Optimization ( SEO )

    Goseon ( SEO )

  • Lex dePraxis

    good info, trims sudah berbagi.

  • TUKANG ARSIP

    @ LAZUARDI R.YAMIN : ok deh sip...
    @ david : sama2 mas...
    @ goseon : thanks 4 visitting
    @ Lex dePraxis : ok deh

  • Cebong Ipiet

    ukey makasih infonya..masuk arsip

  • Harry Seenthings

    wah keren buanget nih informasi tipnya, aku ijin sedot yah kang

  • abang

    Crucial posting ..!!!
    penting dan perlu, terutama bagi abang yang baru mau mencoba pake blogspot ...

    Thanks to the post ..!!!

  • Syamsul Alam

    HIhihihi, ini post yg bagus buat investasi dek.. heuheuheuheu......

    Keknya, trafikmu bakal naik karena post ini.....

  • Iwied

    bantuin dong buat read morenya. saya udah coba sesuai petunjuk tp kok gak bisa ya?? bingung pas ganti kode html nya. mohon sarannya dong

  • aaLiL

    saya ada masalah pas bikin read more di blog yg lain neh,,,di blog saya seh fine2 aja..eh pas nyoba lagi kok ada pengumuman "galat" gt,"Blogger tdk dpat mengikuti perintah yg dimasukkan" katanya gt...aneh,,knp ya?? :-/
    padahal dah saya masukkan dengan benar semua kode nya...

    Keep Share Booss...Thanks :D

  • oPa

    wealah....info terbatu,..opa ketinggalan berita...
    :D

  • TUKANG ARSIP

    :cat:
    @ Cebong Ipiet : oke deh bong..
    @ Brigadista : biasa ajah mas..trims
    @ Harry Seenthings : ok deh kang harry
    @ abang : sama2 abang..sip dah
    @ Syamsul Alam : ga juga deh mas..cm mo tutorialin ajah ada yang request
    @ Iwied : hmm..Coba lagi ajah mas...saya udah buat terperinci nih caranya..ok mas..
    @ aaLiL : ooh mungkin ada kesalahan ajah mas..ikutin dari awal ya...
    @ Opa : ga juga opa udah lama nih

  • Penny

    makasih postingannya tapi masih gagal nih... postingannya emang kepotong tapi ngga ada tulisan baca selengkapnya jadi kan aneh dong...hiks..hiks..
    yang salah dimana ya???

  • hotelpuriayu

    Thanks mas, bermanfaat.
    http://hotelpuriayu.com/

  • belajar dan berbagi

    iya kali ya mas,,bingung saya..dah beberapa kali coba ttp aja GALAT ug keluar,,,

    haduuhh, masa yg pertama bsa eh yg berikutnya gak bsa,,,hehehe..

    thanks mas...

    aa.LiL

  • TUKANG ARSIP

    @ Penny : hmm..coba lagi deh mbak insya Allah bisa..kalo udah mentok kasih tahu ya
    @ hotelpuriayu : sama2 deh
    @ aa.LiL : mungkin ada kesalahan mas dicoba lagi ajah ya

  • scout_moslem

    akhirnya bisa juga ku bikin read more, makacie yah

  • ups

    Mslhnya sy udah bikin byk postingan dan baru mo bkn read more. Itu gmn tuh? Tlg dijwb ya.., sy gaptek berat nih..

  • Anjang

    Ridwan Makin josss aja..!!

    Q dari dlu kesulitan bikin readmore tapi berkat Ridwan jadi mudah dech..!! thank Ridwan

  • AWS ngofa Tidore

    Bung Ridwan, Triknya udah kucoba dan berhasil bikin Read More di Postingan Terakhirku, tapi kok knapa di semua Postinganku sebelumnya ada juga Readmorenya. Mohon penjelasan Bung!

  • basecamp spenda

    fhttp://i306.photobucket.com/albums/nn252/cebong_ipit/templateanna/boy-emoticon-020.gif

  • budi matang

    gw sebagai pemula sgt terbantu ama trik nya mas ridwan,thank alot...ya

  • Posting Komentar

    Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

    Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

    Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

    Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia. Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.

    Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan)